Friday, May 1, 2009

Bill Gates

BILL GATES


1. pendahuluan

Perpaduan antara pribadi yang jenius dalam computer program ( intelektualitas ) dengan kejeniusan dalam menjalankan kehidupan sebagai seorang wirausahawan tangguh melahirkan Bill Gates menjadi raja dalam produsen software computer yang membawanya menjadi orang terkaya dunia. Pendapatan bersih pribadinya mencapai US $ 45 Milyar dalam 12 bulan selama tahun 1998, lebih tinggi dari pada GDP keseluruhan Guatemala dan Mesir, empat kali lebih baik dari pada Srilanka atau Republik Dominika, enam kali lebih baik dari pada Costa Rica, El Salvador atau Panama, delapan kali lebih baik dari pada seluruh penduduk Brunai termasuk Sultannya, 23 kali lebih baik dari kepulauan Bermuda, bahkan lebih baik daripada seluruh penduduk Kuwait, para raja, ataupun millioner manapun siapapun di seluruh dunia.

Bill gates yang dikenal dunia sebagai pendiri Microsoft yang merupakan pabrik bagi produk-produk software komputer seperti Windows Operation System, Words, Excel, Access, Internet Eksplorer, powerpoint, dan banyak lagi software lainnya serta dikenal sebagai orang terkaya di dunia karena kepiawaiannya dalam memproduksi produk-produk bagi keperluan komputer ini dan tentunya juga karena kepiawaiannya dalam mengelola bisnis yang digelutinya itu.

Dan kini hampir seluruh PC ( Personal Computer ) diseluruh dunia menggunakan software buatan Microsoft karena kehandalan, kemudahan dan kemampuannya dalam pemanfaatan teknologi komputer untuk memudahkan aktififitas sehari-hari.

Memiliki kekayaan tidak kurang dari $53,460111 Miliar belum termasuk didalamnya warisan jutaan dollar dari peninggalan kakeknya, hadiah yang diberikan untuk keluarganya, barang-barang yang telah di belinya, uang yang telah di sumbangkannya, dan lain-lain. Brad Templeton seorang pemerhati bisnis di Amerika menggambarkan nilai dollar yang dimiliki oleh Bill Gates seperti berikut : seandainya pengahsilan bersih seorang adalah $ 70.000 maka penghasilan Bill Gates sebanyak 800.000 kali lebih banyak yang artinya bila harga suatu barang senilai $ 100.000 maka bagi Bill Gates hanyalah sebesar 12 cent saja. Atau harga sebuah Lambourghini Diablo $ 250.000 maka bagi Bill Gates hanyalah sebesar 31 cent saja. Rumah indah di Palo Alto California bagi Bill Gates hanya $2, rumah yang di bangunnya seharga $ 50.000.000 bagi Bill Gates hanyalah sebesar $ 63. bahkan Evan Marcus, Systems Engineer dari Fair Lawn, New Jersey menggambarkan kekayaan Bill Gates dapat membeli sebagian besar team basket, baseball, tim sepakbola dan hockey hanya dengan 35 % dari nilai kekayaannya saja. Dibalik itu semua Bill Gates memulainya dari bawah, sejak mengenal computer dengan batasan waktu yang ditetapkan hingga meraih sukses besar, berasal dari latar belakang keluarga kaya namun tidak memanfaatkannya untuk kesenangan pribadi dan jalan meraih kesuksesan, justru kesusuksesan diraihnya tanpa bantuan keluarga maupun fiancial keluarganya.

Philosofi yang ingin disampaikan dari kreatifitas ide yang dimilikinya adalah : It can be wiser to follow than to lead. Let the innovators hit the beaches and take the losses; if you hold back and follow, you can clean up in peace and quiet.

Suatu hal yang mengagumkan dari Bill Gates adalah tidak sepenuhnya dari kepiawaiannya dalam menggunakan computer ataupun membuat software-software computer namun yang paling utama adalah kehandalannya dalam menangkap suatu peluang sekecil apapun peluang itu dan mengolahnya sehingga memberikan manfaat baik secara materi maupun bukan materi, antusiasme, optimisme dalam menyikapi hidup, strategy bisnis yang jitu dalam menghadapi persaingan global dalam dunia komputer untuk kemudian menjadi raja dalam industri ini, melakukan inovasi berkesinambungan untuk pencapaian dimasa depan dari pada terjebak dalam pemikiran kebelakang yang hanya akan menghabiskan waktu, tenaga dan biaya saja, hal ini terungkap dari wawancaranya dengan FOCUS Magazine yang mempermasalahkan tentang bugs-bugs pada beberapa produk Microsoft dan ditanggapinya dengan menyatakan bahwa lebih banyak orang yang membicarakan tentang kehandalan produk-produk Microsoft dari pada orang yang mempermasalahkan tentang beberapa kelemahan dari produk-produk itu.


2. Masa kecil dan Latar belakang keluarga

William Henry Gates III ( Bill Gates ) lahir di Seattle Amerika Serikat pada tanggal 28 oktober 1955 dari keluarga yang mempunyai latar belakang sejarah ekonomi, politik, dan pelayanan masyarakat. Kakek moyangnya adalah seorang legislative Negara bagian dan juga seorang walikota, kakeknya adalah seorang wakil president pada sebuah Bank Nasional Amerika dan ayahnya adalah seorang pengacara yang handal. Sejak dari kecil Bill Gates telah mewarisi sifat-sifat keluarganya yang ambisius, cerdas, serta semangat persaingan yang akan membantunya dalam mencapai puncak kejayaan dalam bidang yang ditekuninya kelak. Sejak duduk di sekolah dasar Bill telah menunjukkan kemampuannya hampir dalam semua mata pelajaran terutama dalam pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam. Mengenali kecerdasan anaknya ini, maka orang tua Bill lalu mendaftarkannya pada sebuah sekolah swasta terkenal di Lakeside ( Lakeside Prep. School ) dan keputusan orang tua Bill ini sangat mempengaruhi perjalanan karir Bill selanjutnya dalam dunia komputer, karena disinilah untuk pertama kalinya Bill mulai mengenal, menyenangi, mempelajari dan menekuni komputer.


3. Pengalaman pertama dalam dunia komputer

Di musim semi tahun 1968, Lakeside Prep School memutuskan bahwa setiap murid harus dikenalkan dengan dunia komputer, akan tetapi pada waktu itu harga komputer masih sangat mahal dan sangat besar ukurannya bagi sekolah sehingga sebagai solusinya pihak sekolah lalu membeli waktu komputer DEC PDP-100 yang dimiliki oleh General Electrict. Beberapa ribu dollar yang dikeluarkan diperkirakan lebih dari cukup bagi keperluan belajar seluruh siswa sampai akhir tahun depan, akan tetapi pihak sekolah terlalu menganggap enteng penggunaan waktu computer ini oleh para siswa-siswa muda mereka.

Bill Gates, Paul Allen dan beberapa siswa Lakeside lainnya ( kebanyakan mereka adalah para programmer pertama yang bekerja di Microsoft ) mulai menjadi tak terpisahkan dari komputer. Mereka selalu berada di ruang computer selama siang dan malam hari, menulis program-program computer, membaca literature-literatur computer dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat dilakukan untuk menambah kemampuan komputer mereka. Lalu mulailah Bill dan kawan-kawan mendapatkan permasalahan dengan pihak sekolah sehubungan dengan kegiatan baru mereka ini. Tugas-tugas yang diberikan dari sekolah sering kali terlambat ( hampir semua pelajaran ), mereka menjadi sering meninggalkan kelas dan berada diruang komputer dan yang paling buruk adalah mereka menghabiskan jatah waktu komputer sekolah hanya dalam beberapa minggu saja.

Di musim gugur tahun 1968, Computer Center Corporation membuka bisnisnya di Seattle yang menawarkan waktu computer dengan harga terjangkau dan salah satu dari Cchief eksekutifnya memiliki anak yang juga sekolah di Lakeside Prep. School sehingga sekolah mendapatkan kesepakatan dengan Computer Center Corporation untuk melanjutkan penyediaan waktu computer bagi para siswanya. Bill dan kawan-kawannya lalu segera mulai mengeksplorasi isi dari mesin baru ini. Dan hal ini tidak berlangsung lama sebelum para hacker-hacker muda ini mulai menyebabkan beberapa masalah yang menyebabkan system beberapa kali mengalami kerusakan dan menghancurkan system keamanan computer. Bahkan mereka merobah waktu pakai yang terekam pada files computer hingga akhirnya mereka tertangkap basah dan Computer Center Corporation mencekal mereka dari system untuk beberapa minggu.

Bill Gates, Paul Allen, dan dua orang hacker dari sekolah Lakeside lalu membentuk Lakeside Programmers Group di penghujung tahun 1968 yang bertujuan untuk mencari cara untuk mengaplikasikan keahlian computer mereka dalam dunia nyata. Kesempatan pertama yang mereka dapatkan adalah sebagai dampak langsung dari kegiatan nakal mereka pada waktu komputer sekolah. Dimana Computer Center Corporation mulai merasakan dampaknya dari system keamanan computer yang lemah ditambah dengan seringnya system computer mengalami kerusakan. Terkesan oleh apa yang dilakukan oleh Bill dan para pecandu komputer di Lakeside maka Computer Center Corporation memutuskan untuk mempekerjakan mereka untuk menemukan kelemahan-kelemahan dan mengungkapkan kekurangan yang ada pada system computer mereka. Dan sebagai upahnya Lakeside Programmers Group diberikan waktu tak terbatas pemakaian computer di Computer Center Corporation. Atas penawaran ini Lakeside Programmers Group tidak dapat menolaknya bahkan dalam ungkapannya, Bill gates mengatakan bahwa mereka benar-benar merasakan masuk kedalam komputer ketika diberikan kebebasan waktu sehingga menjadikan mereka menjadi Hardcore, tidak mengenal waktu, siang dan malam selalu untuk komputer. Dan selain menemukan kelemahan system mereka juga banyak membaca tentang literature computer diwaktu senggang setelah pergantian giliran. Bahkan hacker-hacker muda ini mengambil pekerja untuk mencari informasi-informasi baru. Dari sinilah awal mulanya Bill Gates dan Paul Allen mulai membangun bakat mereka yang selanjutnya menjadi formasi awal dari terbentuknya Microsoft tujuh tahun kemudian.


4. Perjalanan Karier dalam berbisnis

Pada penghujung tahun 1969 Computer Center Corporation mulai mendapatkan kesulitan keuangan yang pada akhirnya menyebabkan bisnis mengalami kebangkrutan pada bulan maret 1970. Untungnya hal ini tidak membuat Lakeside Programmers Group menjadi patah semangat, dan kebetulan mereka mendapatkan beberapa computer di kampus Universitas Washington dimana ayah Allen bekerja. Dan mulailah Lakeside Programmers Group mencari kesempatan-kesempatan baru untuk menerapkan keahlian computer mereka. Dan kesempatan itu datang dari Information Sciences Inc. ( ISI ) yang menawarkan mereka proyek payroll program. Kali ini mereka tidak hanya mendapatkan waktu memakai komputer gratis akan tetapi juga mendapatkan sumber pendapatan pertama dari komputer, dimana ISI akan memberikan royalty untuk setiap program yang terjual yang dibuat oleh para anggota Lakeside Programmers Group dan membawa grup ini menjadi bisnis legal. Proyek Bill Gates dan Allen selanjutnya adalah dengan mengikut sertakan program mereka pada produk yang dibuat oleh perusahaan lain yaitu Traf-O-Data yang memproduksi computer kecil untuk membantu mengukur aliran lalu lintas. Dari proyek ini mereka mendapatkan tambahan penghasilan sampai $20.000. Proyek ini berakhir hingga Bill Gates meninggalkannya untuk masuk ke perguruan tinggi. Selama masa-masa Bill Gates kecil, pihak Administrasi sekolah di Lakeside telah menawarkannya untuk pekerjaan komputerisasi system penjadwalan di sekolah. Bill Gates meminta bantuan dari Paul Allen sahabatnya dalam proyek ini dan mereka mengerjakan proyek ini selama musim panas berlangsung. Lalu dimasa-masa seniornya Bill Gates dan Allen melanjutkan kerjasama mereka untuk mendapatkan kesempatan dan menggunakan keahlian mereka untuk mendapatkan uang. Kesempatan itu tidak ditunggu terlalu lama hingga salah satu perusahaan kontraktor pertahanan TRW mengalami permasalahan seperti yang dialami oleh system keamanan Computer Center Corporation. Namun pada dasarnya pekerjaan yang dilakukan pada TRW dengan Computer Center Corporation memiliki perbedaan, karena di TRW ini Bill Gates dan Teamnya tidak hanya sekedar mencari kelemahan system tapi lebih jauh lagi mereka melakukan perbaikan terhadap system yang memiliki kelemahan itu. Dari sinilah Bill gates dan Allen mulai membangun diri mereka menjadi programmer professional dan secara serius membentuk perusahaan pembuat software mereka.

Dimusim gugur pada tahun 1973, Bill Gates meninggalkan rumahnya untuk menjadi mahasiswa di Universitas Harvard, karena tidak memiliki gambaran jurusan yang akan diambilnya lalu dia memutuskan untuk mengambil jurusan Hukum di Harvard mengikuti langkah ayahnya dulu. Dan kejadian seperti di SMU nya dulu kini terulang lagi, hatinya tidak untuk studynya, karena setelah mengikuti pusat kmputer kampus lalu Bill kembali terlena dalam dunia komputer sekali lagi. Bill Gates menghabiskan waktu di malam hari dengan berada di depan komputer dan mengantuk berat di waktu siangnya di kelas kampus.

Walaupun saling berjauhan Bill dan Allen selalu melakukan hubungan untuk membahas rencana proyek masa depan mereka dan kemungkinan untuk mendirikan bisnis sendiri suatu hari nanti. Dan pada akhir tahun pertama Bill Gates di Harvard, Allen setuju untuk pindah dan bersama lagi dengan Bill untuk mewujudkan ide-ide rencana bisnis mereka. Dan pada musim panas mereka berdua mendapatkan pekerjaan untuk Honeywell. Dan seiring dengan berlalunya musim panas, Allen mendorong Gates untuk lebih serius lagi dalam mewujudkan ide-ide mereka untuk membuat perusahaan pembuat software computer dan menyarankannya untuk keluar dari Harvard, namun pada saat itu, Gates sendiri masih ragu untuk meninggalkan Harvard, akan tetapi pada tahun berikutnya segala sesuatunya akan menjadi berubah sama sekali.


5. Terbentuknya Perusahaan Microsoft

Di bulan Desember 1974, dalam perjalanannya untuk mengunjungi Bill Gates, Allen mendapatkan berita dari majalah yang dibacanya yang headlinenya bertuliskan "World's First Microcomputer Kit to Rival Commercial Models." Dan selanjutnya dari sini perjalanan hidupnya dan Bill Gates akan berubah. Allen membawa berita yang didapatkannya dan mengatakannya pada Bill Gates, dan mereka berdua melihat berita ini sebagai sebuah peluang besar, karena keduanya memperkirakan bahwa pasar computer rumah ( PC ) akan meledak dan orang-orang akan banyak membutuhkan software untuk menjalankan mesin baru mereka. Dan beberapa hari kemudian Gates menghubungi MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems ), pembuat computer dengan merek Altair, Gates mengatakan bahwa dia dan Allen telah menciptakan software yang disebut BASIC yang cocok untuk digunakan pada Altair. Sebenarnya pada waktu itu Bill Gates berbohong karena mereka sama sekali belum pernah menulis sebarispun kode BASIC yang akan digunakan sebagai operation system untuk Altair itu. Bahkan mereka belum pernah sekalipun menggunakan Altair apalagi memilikinya. Namun karena tidak mengetahui kebohongan Gates, pihak MITS tertarik untuk melihat kehandalan dari BASIC yang dikembangkan oleh Gates dan Allen ini. Dan mulalilah mereka berdua dengan kerja keras berusaha untuk mengembangkan program dari bahasa BASIC ini seperti yang mereka janjikan pada MITS. Bill Gates mengerjakan Kode program sedangkan Allen melakukan desain simulasi program. Dan delapan minggu kemudian setelah mereka berdua merasa program yang diinginkan telah selesai, Allen segera mempresentasikannya kepada MITS, program yang sama sekali belum pernah dicobanya sekalipun, memasukkan program kedalam computer Altair untuk pertama kali tanpa memperhitungkan bahwa akan terjadi kegagalan program, atau kesalahan-kesalahan fatal, maupun kerusakan-kerusakan system, dan bagaimana bila kemungkinan terburuk ini terjadi ? namun yang terjadi adalah bahwa program berjalan dengan sempurna tanpa sedikitpun mendapatkan kesalahan. Selanjutnya MITS melakukan kesepakatan untuk mendapatkan hak bagi program BASIC ini, dan hal ini meyakinkan Gates bahwa pasar bagi penjualan software telah lahir. Pada tahun 1975 ini Bill Gates memutuskan untuk keluar dari Harvard dan pada tahun ini juga, bersama dengan Allen, Bill Gates mendirikan Perusahaan software Microsoft.

Pada tahun 1980, IBM salah satu perusahaan pembuat computer terkenal, memutuskan untuk membuat Personal Komputer ( PC ) yang membutuhkan system operasi PC dan menyewa Microsoft untuk membangun system operasi bagi PC buatan mereka. Dan Microsoft membeli hak cipta dari Q-DOS buatan Seattle Computer Products dan memodifikasinya untuk keperluan system operasi PC. PC ini mulai dipasarkan pada Agustus 1981, dan sebenarnya Ms-Dos adalah satu dari tiga system operasi yang ada saat itu, selain Unix dan window-menu-mouse system yang dirintis oleh Xerox pada tahun 1970an. Namun Dos dapat dengan cepat mengalahkan keduanya dan menjadi semacam seragam sekolah bagi komputer. Dos seperti system operasi rumahan tapi setiap orang membutuhkannya. Sekali lagi Gates menjembatani perkawinan antara ide-ide orang lain dan merubahnya dengan beberapa sentuhan yang akhirnya menjadi trend. Pada bulan mei 1990, Microsoft meluncurkan Ms Windows 3.0 yang merupakan produk system operasi berbasis windows pertama yang diluncurkan oleh Microsoft. Dari sinilah kemudian Windows dan Microsoft seperti tidak tersaingi dan menjadi kebutuhan pokok bagi system operasi PC di seluruh dunia. Era 1995-1996 Microsoft kembali menggebrak dengan Windows 95 yang menampilkan pertama kali browser Internet eksplorer, lalu diikuti dengan launching Windows-windows berikutnya, Windows 98, Windows millennium, Windows 2000, dan saat ini Windows Xp.


6. Daftar pustaka

http://www.Microsoft.com

http://www.billgatesisdead.com

http://www.citizensfortruth.org

http://ei.cs.vt.edu/~history/Gates.Mirick.html

http://www.Teamgates.com

http://www.ncsc.dni.us/fun/user/tcc/cmuseum/altair.htm

Wallace, James. 1993. Hard Drive: Bill gates and the Making of the Microsof Empire, Harper Collins Publishers, New York, NY

Komentar :

ada 1
mahasiswa teladan said...
pada hari 

ijin save artikelnya ya gan, thanks for sharing :)

Post a Comment

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra